APLIKASI ANDROID PEMESANAN TIKET WISATA DAN BOOKING KAMAR HOTEL

Assalamu'allaikum.Wr.Wb
            Hello !! Apa kabar semuanya ?? masih semangat dalam membuat suatu kreativitas dalam bentuk aplikasinya kan ? saya ingin berbagi ilmu yang masih berhubungan dengan android. aplikasi yang akan kita buat adalah aplikasi pemesanan tiket wisata dan booking kamar hotel menggunakan ADT (Android Developer Tools) Eclipse.Yuk kita mulai belajar !!!
Caranya sebagai berikut :


1.       Buka aplikasi eclips. 
 2.       Pilih tempat penyimpanan project yang akan kita buat.

 3.       Lalu buat project nya dengan klik File => New => Android Application Project => Beri nama project
        => Next => Next => Finish.
 4.    Lalu buat Android Activity sebanyak 7 Activity.

 5.    Masukkan gambar pada Res => drawable-hdpi untuk mengubah backgroud pada layout.
 6.    Design semua tampilan layout.
 (1) Layout Utama1.xml
      (2) Layout pilihM1.xml
(3) Layout activity_paket_wisata1.xml
(4) Layout activity_hotel1.xml
(5) Layout biaya_hotel.xml
(6) Layout activity_info_wisata.xml
(7) Layout activity_info_hotel
7.    Jangan lupa berikan nama Id pada setiap Text field, Button, Radio Button, Listview.
8.    Masukkan source code dibawah ini pada Utama1.java.
        Penjelasan source code : source code ini gunanya ketika diklik button "login now" maka akan pindah ke activity PilihM1.
9.     Masukkan source code dibawah ini pada PilihM1.java.


       Penjelasan source code : source code ini gunanya ketika diklik salah satu listview maka akan pindah ke activity lain. Pilih list "Paket Wisata" pindah ke activity PaketWisata1. Pilih list "Hotel" pindah ke activity Hotel1. Pilih list "Informasi Wisata" pindah ke activity InfoWisata. Pilih list "Informasi Hotel" pindah ke activity InfoHotel. Pilih "Contact Person" maka akan muncul AlertDialog. Pilih list Keluar maka akan muncul AlertDialog pilihan "YA" untuk keluar dari aplikasi dan "Tidak" kembali menjalankan aplikasi.
10.     Masukkan source code dibawah ini pada PaketWisata1.java.


       Penjelasan source code : Didalam source code ini terdapat perhitungan aritmatika pada button "Total" gunanya untuk menghitung total biaya paket wisata. eventnya adalah input Jumlah anggota, pilih paket wisatanya dan klik button total maka akan muncul hasil perhitungan artimatikanya pada textfield Total. ketika di klik button "Back" maka akan kembali ke activity PilihM1. ketika di klik button "Exit" akan muncul AlertDialog pilihan "YA" untuk keluar dari aplikasi dan "Tidak" kembali menjalankan aplikasi.
 11. Masukkan source code pada di bawah ini InfoWisata.java.

    
      Penjelasan source code : source code ini gunanya ketika pilih  button "Back" maka akan kembali ke activity PilihM1. pilih button "Contact" maka akan muncul AlertDialog. Pilih list Keluar maka akan muncul AlertDialog pilihan "YA" untuk keluar dari aplikasi dan "Tidak" kembali menjalankan aplikasi.
12. Masukkan source code di bawah ini pada InfoHotel.java.

       Penjelasan source code : source code ini gunanya ketika pilih  button "Back" maka akan kembali ke activity PilihM1. pilih button "Contact" maka akan muncul AlertDialog. Pilih list Keluar maka akan muncul AlertDialog pilihan "YA" untuk keluar dari aplikasi dan "Tidak" kembali menjalankan aplikasi.
13. Masukkan source code dibawah ini pada Hotel1.java.


      Penjelasan source code : Didalam source code ini terdapat perhitungan selisih tanggal pada button "Lama Inap"gunanya untuk menghitung jumlah lama inap. Eventnya adalah input Tanggal Check In dan Check Out dan klik button "Lama Inap" maka akan muncul hasil perhitungan selisih tanggal pada textfield Lama Inap. Didalam button "Total" terdapat source code untuk pengiriman data ke activity lain.                               Ketika di klik button "Total" maka akan pindah ke activity BiayaHotel dan pengiriman data di proses.
14. Masukkan source code dibawah ini pada BiayaHotel.java.



        Penjelasan source code : Didalam source code ini terdapat source code untuk penerimaan data yang dikirim oleh activity Hotel1 dan data tersebut akan muncul pada textfield "Lama Inap". Didalam source code ini juga terdapat perhitungan aritmatika pada button "Total" gunanya untuk menghitung total biaya booking hotel. Eventnya adalah pilih Tipe kamarnya dan klik button total maka akan muncul hasil perhitungan artimatikanya pada textfield Total. Ketika di klik button "Back" maka akan kembali ke activity PilihM1. ketika di klik button "Exit" akan muncul AlertDialog pilihan "YA" untuk keluar dari aplikasi dan "Tidak" kembali menjalankan aplikasi.
15.    Lalu Kita RUN dengan cara klik kanan => pilih Run AS => Run Configurations.
16.    Atur Tampilan hasil run yang anda inginkan dengan cara memilih  salah satu AVD yang telah anda buat.
17.    Dan ini adalah tampilan hasil Run.
 Tampilan Run (1)
Tampilan Run (2)

Tampilan Run (3)

Tampilan Run (4)

Tampilan Run (5)

Tampilan Run (6)

Tampilan run (7)
Tampilan Run ketika klik button keluar
18.    Hasil Video Run.







Comments

  1. Replies
    1. iya bro gak ada.. kmna ya pembuat web ini.. lg butuh nih...

      Delete
  2. assalamualikum boleh open source ga , kalau ada open source android studionya ane boleh minta ga , mau mencoba belajar cara menggunakan app tersebut .

    ReplyDelete
  3. mas bagi source codenya dong please

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Membuat Program Aplikasi Sistem Informasi Rumah Sakit "RS.ASIH" Berbasis Dekstop Terkoneksi Database Menggunakan Visual Studio.Net

Pemrograman Aplikasi Registrasi Hotel menggunakan Java NetBeans

Program Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Menggunakan Visual Studio.Net dan Automatic Microsoft